Friday, May 23, 2008

Mengenal Anggrek

Orchidaceae adalah keluarga paling besar dari semua keluarga-keluarga tumbuhan. Sampai saat ini, lebih dari 30,000 jenis dari anggrek-anggrek dalam beberapa 750 jenis telah dikenali. Tumbuhan ini ditemukan di mana-mana di diseantero jagat raya, kecuali di dalam daerah-daerah padang pasir dan polar. Bahkan sampai hari ini, masih ada jenis baru masih yang ditemukan. Variasi yang luar biasa dari anggrek membuat bunga-bunga menarik ini tumbuh menjadi satu aktivitas luar biasa populer di seluruh dunia.

Tanaman Keluarga anggrek dikenali atas dasar struktur bunganya yang unik. Mereka semua mempunyai tiga kelopak daun dan tiga daun bunga, salah satu dari yang dimodifikasi ke dalam satu bibir bunga. Tambah lagi, alih-alih mempunyai satu benang sari dan putik, mereka mempunyai satu kolum yang menjadi tanda betina dan jantan.

Kebiasaan-kebiasaan dan pola-pola dari pertumbuhan
Anggrek-anggrek secara luas dapat dibagi menjadi tiga kebiasaan pertumbuhan. Adalah penting untuk mengetahui kelompok mereka, sebab mereka masing-masing mempunyai persyaratan-persyaratan berbeda.

*Anggrek-anggrek terestrial mengakar di tanah dengan akar mereka di dalam lapisan paling atas dari humus. Kebanyakan anggrek-anggrek di kategori ini adalah dari daerah-daerah hangat. Walaupun berkembang dalam daerah beriklim panas, jenis Paphiopedilum menjadi anggota di kelompok ini.

*Anggrek-anggrek epifit tumbuh pada tumbuhan lain, walaupun mereka bukan parasit. Mereka adalah kebanyakan berasal dari daerah beriklim panas. Phalaenopsis dan Cattleya jenis masuk kelompok ini.

*anggrek-anggrek Lithophytic berkembang dalam di pecahan batu karang. Jenis Laelia merupakan jenis tumbuhan ini.

Anggrek-anggrek boleh juga digolongkan menurut pola mereka dari pertumbuhan. Ada dua kategori: anggrek-anggrek monoploidal dan simpodial.

*Anggrek-anggrek simpodial menghasilkan tunas-tunas baru dari tumbuhan yang lama. Mereka kembangkan umbi semu, yaitu. bagian-bagian dari batang-batang mereka yang membesar untuk menyimpan bahan gizi dan air. Struktur-struktur ini mengijinkan mereka untuk bertahan selama musim kering. Cymbidium dan Cattleya masuk kategori ini.


*Anggrek-anggrek monoploidal tumbuh tiap tahun dari batang-batang yang sudah ada. Anggrek-anggrek ini tidak menghasilkan umbi semu. Anggrek-anggrek monoploidal tidak mempunyai periode istirahat seperti simpodial. Phalaenopsis dan Vanda tercakup di kategori ini.

No comments:

Dukkan